Daftar Harga Kucing Hutan Terbaru November 2018 & Tips Merawatnya

Posted on

Harga Kucing Hutan Update Hari Ini – Siapa sih yang nggak suka kucing? Hewan yang menggemaskan ini bisa dibilang sebagai piaraan favorit sejuta umat. Seperti bayi yang lucu dan menyenangkan ketika digendong, memelihara kucing pun juga menawarkan pengalaman yang menarik. Apalagi memeliharanya tidak sulit, perawatannya mudah.

Maka tak heran jika banyak ditemui kucing anggora, Persia, atau kucing lokal yang sengaja dipelihara di rumah kenalan kita. Tapi, pernah nggak sih kamu melihat orang memelihara kucing hutan?

FYI, kucing hutan ini bisa dipelihara loh. Tentu saja jika kamu sudah memenuhi persyaratan yang diajukan. Memang, nggak semua kucing hutan bisa dipelihara, karena termasuk dalam fauna langka yang dilindungi, tapi jenis kucing hutan Sumatera, Kalimantan, hingga macan dahan, boleh kok dipelihara.

Tapi ingat, karena kucing hitan ini bersifat liar, ada tata cara perawatannya yang harus kamu ketahui dulu sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Nah cara merawatnya bisa kamu simak lengkap dan jelas melalui penjelasan di bawah ini ya:

Tips Merawat Jenis Kucing Hutan

1. Harus punya izin sah memelihara

Karena yang mudah lebih menarik, nggak heran kalau akhirnya proseduran meminta izin memelihara kucing hutan jadi alasan jarngnya orang memelihara hewan yang satu ini. Tercatat dalam peraturan UU PP nomor 7 th 1999, dan UU nomor 5 th 1990 yang mnegatung tentang perlindungan serta perumbuhan satwa di negara Indonesia.

Jika tidak memiliki izin sah, bisa jadi niat baik memelihara berubah jadi hukuman pidana. Begitu pula sebaliknya, jika sudah mengantongi izin sah, maka akan terhindar dari masalah legalitas.

2. Lebih baik, pelihara kucing hutan sejak umurnya kecil

Seperti yang sudah admin sebutkan sebelumnya, kucing hutan bersifat liar. Maka akan lebih baik bagimu dan baginya untuk dipelihara sejak kecil. Ia akan lebih mudah beradaptasi dan diatur, dibandingkan saat sudah dewasa.

Ketika kucing masih berusia dini, sisi liar dalam tubuhnya bisa dikontrol lebih  mudah, masih bisa dijinakkan dengan cepat, jadi kamu nggak perlu khawatir untuk membawanya tinggal bersama di rumah.

3. Kalau kucing yang sudah dewasa, cari yang sudah terlatih

Tetapi jika tidak memungkinkan untuk memelihara kucing berusia dini, pastikan untuk memilih kucing dewasa yang terlatih. Sehingga, kamu tidak perlu bersusah payah, kerepotan untuk menjinakkannya.

4. Makanan kucing hutan

Merawat kucing hutan tidak bisa disamakan dengan Persia yang bisa diajak bermanja-manja dan makan makanan kemasan. Sudah menjadi sifat alaminya, kucing hutan suka makan makanan yang ada di hutan, misalnya daging. Meski lebih mahal biaya makannya, tapi itulah resiko yang harus diambil jika ingin memelihara kucing hutan.

Tapi kamu juga bisa mengakali biaya konsumsi dagingnya sedikit demi sedikit. Tinggal campurkan daging dan makanan kemasan kucing yang biasanya. Lakukan pelan-pelan secara bertahap, hingga akhirnya ia terbiasa makan makanan kemasan bukan daging tanpa sadar.

Baca Juga 

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

5. Sediakan kandang khusus

Kucing hutan termasuk hewan nocturnal yang aktif di malam hari. Nah manusia umumnya membutuhkan malam hari untuk beristirahat. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengawas sepenuhnya kegiatan kucing di malam hari. Jadi pastikan untuk mengamankannya dari hal-hal berbahaya.

Sediakan tempat khusus yang bisa ia gunakan bermain di malam hari. Entah di halaman belakang rumah, atau kandang yang lapang.

6. Pastikan untuk rutin memeriksa kesehatan kucing hutan

Meski terlihat garang dan liar dari luar, kucing hutan juga bisa sakit dan terkena virus. Oleh karena itu, kamu harus rajin membawanya ke dokter atau petshop, mendapatkan vaksin, agar kesehatannya tetap terjaga. Pastikan juga untuk berhati-hati dalam memberinya makanan. Karena penyakit juga bisa datang diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan, karena virus bisa saja datang dari tempat-tempat kotor, menular, hingga mengendap dan mengganggu kesehatan untuk jangka waktu yang lama.

Kalau sudah memahami tata cara merawat si kucing hutan, saatnya kamu menyimak harga yang harus dibayarkan untuk memeliharanya. Kira-kira akan semahal apa ya? Simak aja daftarnya berikut ini:

Daftar Rincian Harga Jenis Kucing Hutan

No.


Jenis Kucing Hutan


Daftar Harga


1.


Anakan kucing hutan asli (3 bulan)


Rp         350.000,00


2.


Anakan kucing hutan blacan non ped (2 bulan)


Rp   22.000.000,00


3.


Anakan kucing hutan blacan sepasang (6 bulan)


Rp     8.000.000,00


4.


Anakan kucing hutan blacan kitten (1 bulan)


Rp     4.500.000,00


5.


Anakan kucing hutan blacan asli (3 bulan)


Rp     8.700.000,00


6.


Anakan kucing hutan blacan jantan (4 bulan)


Rp     4.000.000,00


7.


Betina kucing hutan blacan (2 tahun)


Rp     6.000.000,00


8.


Kucing hutan macan dahan (6 bulan—2 tahun)


Rp 100.000.000,00


9.


Kucing hutan Sumatera (4 bulan)


Rp        450.000,00


10.


Kucing hutan Jawa (1 tahun)


Rp     1.000.000,00


11.


Kucing hutan macan dahan (3 bulan—1 tahun)


Rp     3.000.000,00


12.


Kucing hutan murah (6 bulan)


Rp        500.000,00


13.


Kucing hutan Kalimantan (2.5 bulan)


Rp        400.000,00


List Harganya bervariasi, ada yang termurah Rp 350.000,00 hingga termahal senilai Rp 100.000.000,00. Makanya sayang banget kalau sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli tapi tidak dirawat dengan tepat.

Sudah dulu ya untuk informasi hari ini, jumpa lagi nanti dengan artikel menarik lainnya seputar dunia kucing. Jangan bosan untuk datang setiap hari memantau informasi terbaru dari website kami. Sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *