Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Posted on

Kamu pernah nggak merasa pusing akibat kucing piaraanmu yang tiba-tiba mogok makan? Apakah si kucing sedang melakukan protes kepadamu dengan melancarkan aksi mogok makan?

Terus gimana dong solusinya? Kan kucing nggak bisa diajak ngomong, nggak bisa diajak bicara baik-baik, dari hati ke hati

Kucing meskipun nggak bisa diajak ngomong, nggak bisa ditanyai alasannya kenapa nggak makan, tapi tetap saja harus dicari sebab dan obatnya. Karena kalau diabaikan, ia bisa terserang penyakit, meski hanya tidak makan sehari.

Setiap hewan harus memiliki energi yang akan digunakan untuk proses fisiologi. Sementara energi didapatkan dari makanan, jadi jika tidak makan energi didapatkan dari proses pembakaran lemak di dalam jaringan tubuhnya, tapi hal tersebut tidak berlaku untuk kucing.

Pada kucing, proses pembakaran lemak justru akan mengakibatkan perubahan metabolism tubuh yang bisa memicu kerusakan jaringan hati (Hepatik Lipidosis). Tuh kan, nggak bisa diremehkan lo persoalan kucing nggak mau makan.

Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan (Terbukti Manjur Banget!)

Makanya ayo kenali dulu penyebab kucing tidak mau makan lewat penjelasan berikut ini.

8 Sebab si Kucing Tidak Mau Makan

1. Faktor makanan

Sebab pertama yang paling mungkin terjadi adalah karena makanan itu sendiri. Mungkin ia merasa bosan karena menunya sama setiap hari untuk jangka waktu yang lama.

Sama seperti manusia yang bisa bosan dengan menu makanan, kucing pun demikian. Maka sebagai pemilik harus pintar-pintar mengolah makanan untuk kucing agar tetap bersemangat makan setiap hari. Jangan lupa juga untuk memastikan kebersihan makanan yang diberikan. Karena bisa jadi akan menjadi racun jika tidak diberikan dalam kondisi yang terjaga bersihnya.

2. Selera makan

Pernah dengar ibu-ibu mengeluh soal selera makan anaknya yang sangat kurang? Biasanya ibu lain akan menyarankan minum vitamin atau temulawak. Nah, sama dengan kucing, ia pun butuh diberi asupan vitamin untuk meningkatkan selera makannya.

3. Sedang sakit di area mulut

Ayo peka pada hewan piaraan, siapa tahu kucingmu sedang sakit. Ada luka di dalam mulutnya, seperti manusia yang enggan makan kalau lagi sariawan. Kucing juga bisa mengalami hal-hal seperti itu loh guys, meski nama penyakitnya bukan sariawan atau lidah kegigit.

4. Gangguan pencernaan

Setiap makhluk hidup punya metabolism tubuh. Jika terganggu sedikit saja, ada efek sampingnya. Hal itu bisa saja terjadi pada kucing. Jika metabolismenya terganggu akan mengakibatkan pencernaannya bermasalah, dan ia pun tidak mau makan.

Metabolism bisa terganggu jika tubuh kucing dimasuki benda asing seperti parasit atau radang.

4. Dihantui rasa bosan

Beberapa jenis kucing, seperti Persia lebih suka tidur dibandingkan makan. Jadi, memang ada gen dalam tubuhnya yang membuat kucing tidak mau makan, rasa bosan misalnya.

Tapi tetap ya guys, itu jadi tugasmu sebagai pemilik untuk menjaga kesehatannya dengan cara memantau pola makan sehari-hari.

6. Kucing sedang sakit

Kalau kucingmu sedang sakit, segera periksakan ya. Jangan dibiarkan hingga ia tidak mau makan. Karena bisa jadi ia nggak mau makan sebab merasa lemas dan muntah-muntah.

7. Kucing sedang stress

Jika kucing stress, dampaknya bisa beracam-macam. Bisa membuat matanya berair, hingga membuat ia tidak mau makan. Jadi kenali dulu penyebab stress kucingmu. Bisa jadi karea adanya tekanan atau datang dari faktor lingkungan. Mungkin saja ia belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan lingkungan barumu.

8. Sedang birahi

Bukan cuma manusia yang bisa ngebet nikah, kucing juga bisa memasuki fase birahi ingin kawin. Kalau sudah seperti itu, ia mulai merasa stress, hati kacau, dan berujung pada efek tidak mau makan. Wah, sebuah temuan yang menarik.

Lalu bagaimana caranya mengatasi 8 sebab kucing tak mau makan? Ada banyak alternative pilihan, tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kesanggupanmu. Berikut daftar lengkapnya.

Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Makan

Solusi Menangani Kucing Tak Mau Makan

1. Harus ada variasi dalam makanannya

Meski tidak setiap hari, usahakan dalam jangka waktu tertentu, kamu memberikan variasi menu makanan untuk si kucing. Agar ia tidak merasa bosan dan kehilangan selera makan. Sesekali buatlah menu yang berbeda. Misal dengan mencampur makanan kemasan dengan sedikit daging.

2. Meningkatkan selera makan

Kamu bisa meningkatkan selera makan dengan cara mudah, yaitu meletakkan makanan dekat dengan hidungnya. Atau oleskan saja makanannya ke hidung/mulut si kucing. Bau dari makanan yang dekat dengan indranya akan merangsang tubuhnya untuk makan.

3. Suapi kucingmu

Kalau kucingmu sedang sakit, manjakan ia. Suapi dengan makanan lembut dan cukup. Pakailah sendok kecil, tangan, atau suntikan tanpa jarum (syringe). Pastikan untuk menghindari makanan kering, karena susah dicerna.

Tapi jika memang yang tersedia hanya makanan kering, lembutkan dulu dengan campuran air hangat. Ingat, kucing itu hewan yang suka dimanja, jadi perlakukan ia selembut mungkin.

4. Berikan obat untuk penyakit mulutnya

Pastikan kamu memerhatikan sakit yang sedang dialami si kucing. Jangan didiamkan, apalagi diabaikan. Obati dengan tepat jika memang masalahnya adalah penyakit mulut. Untuk beberapa kasus, obat manusia juga bisa dipakai mengobati permasalahan mulut pada kucing.

5. Berikan asupan vitamin

Kucing butuh vitamin yang mengandung asam amino lisin dan B kompleks, bisa didapatkan di apotek terdekat. Berikan vitamin tersebut dengan dosis sesuai takaran anak-anak. Selain bisa digunakan untuk meningkatkan selera makan kucing, vitamin tersebut juga bisa mencegah terkena penyakit flu dan herpes.

Caranya, berikan dulu ia makanan sebelum memberi vitamin. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya iritasi lambung kucing, serta mencegah ia muntah.

6. Kucing perlu diajak main

Tanyakan pada dirimu sendiri, sudahkah mengajak ia main dan beraktivitas bersama? Pastikan kamu menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk menemaninya, agar ia merasa diperhatikan dan tidak bosan.

7. Kucing butuh tempat nyaman

Karena kucing bisa stress saat menghadapi lingkungan baru, maka pastikan agar kamu memberikan ia tempat yang nyaman, jauh dari gangguan kucing nakal.

8. Tube Feeding

Tube feeding adalah cara memberi makan langsung ke perut dengan bantuan selang. Tentu saja cara ini adalah alternative terakhir yang tidak dianjurkan. Jadi sebelum pasrah menggunakan cara ini, lebih baik bawa kucing ke dokter.

Kucingmu harus ditangani dengan tepat agar cepat sehat. Konsultasikan dengan ahlinya agar tidak salah langkah. Oh ya pembahasan di atas berlaku untuk jenis kucing apapun. Baik itu kucing kampung, persia dan anggora.

Ingat, kesehatan kucingmu juga memengaruhi bahagiamu. Maka, pastikan untuk memantau pola makannya agar ia terus sehat dan kamu selalu bahagia! Terima kasih sudah membaca sampai selesai seputar cara mengatasi kucing yang tidak mau makan sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *